Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Telegram vs WhatsApp (WA), Kamu Pilih Mana?

keunggulan telegram vs whatsapp kamu pilih mana


KANGIZZA – Pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, membuat kita dewasa ini merasakan kemudahan berkomunikasi dengan cepat dan mudah. Salah satunya melalui aplikasi mainstream yang pasti sekarang sudah ada di hp kamu, WhatsApp atau sering kita menyebutnya WA – yang merupakan aplikasi populer yang sudah banyak digunakan masyarakat di berbagai belahan dunia.

Namun, tahukah kamu tentang aplikasi Telegram?. Aplikasi yang basic-nya sama dengan WhatsApp yang menawarkan fitur chatting dan komunikasi. Fitur Telegram sendiri sebenarnya juga tidak kalah dengan fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp. Lantas, apa keunggulan Telegram vs WhatsApp?. Ini nanti yang akan kita bahas sebelum kamu tentukan pilihan.

Sepopuler-populernya sebuah aplikasi, pasti ada kekurangan di beberapa bagian pada dua aplikasi chatting ini – terutama soal keamanan data pribadi yang rentan ‘kebobolan’ yang memungkinkan disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Maka perihal tentang kelebihan dan kekurangan Telegram, kelebihan dan kekurangan WhatsApp akan kita bahas dalam artikel ini sehingga kita punya bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.

For your information – meski dengan adanya kelemahan dan kekurangan ini, baik itu pihak Telegram dan WhatsApp, akan tetap terus berupaya untuk memberikan layanan terbaik bagi penggunanya.

Saya rangkumkan dari berbagai sumber − dibawah ini saya bagikan kepada teman-teman apa keunggulan WhatsApp, apa saja keunggulan Telegram, beserta kekurangan-kekurangan yang dimiliki dari dua aplikasi ini.

keunggulan telegram vs whatsapp kamu pilih mana 1
Keunggulan WhatsApp (WA)

Terdapat banyak keunggulan dimiliki oleh WhatsApp yang patut kamu ketahui. Pasalnya – semakin kesini pihak WA pun terus melakukan update terhadap fitur-fitur yang tersedia. Beberapa keunggulan WA diantaranya sebagai berikut:

1. Praktis bagi Pengguna

Tidak bisa dipungkiri – ini merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki WhatsApp, yakni praktis bagi pengguna. Mengapa demikian?. Bisa kita lihat, banyak sekali orang-orang yang sudah berusia lanjutpun dapat dengan mudah beradaptasi dengan aplikasi ini – sekalipun bagi mereka yang baru mengenal smartphone. Pasalnya – cara mengoperasikan aplikasi WA terbilang mudah bagi semua kalangan.

Selain itu, aplikasi WhatsApp tidak mengenal sistem operasi dan merk smarthphone. Apakah itu yang smartphone lama atau yang baru, apakah yang ram-nya besar atau kecil – semuanya kompatibel dengan aplikasi WA.

2. Menambahkan Kontak Otomatis

Aktifitas kita dalam menggunakan hp tentu tidak bisa dilepaskan dari kegiatan menambahkan atau menghapus nomor kontak. Nah, saat kita menambahkan kontak ke dalam hp kita – kita tidak perlu repot-repot menambahkan kontak secara manual ke dalam aplikasi WhatsApp. Karena fitur WhatsApp akan mensinkron kontak yang kamu tambahkan di hp secara otomatis.

3. Terhubung dengan Orang di Seluruh Dunia

Tidak ada yang bisa memungkiri, kita dapat berkomunikasi melalui aplikasi WhatsApp dengan orang di berbagai belahan dunia tanpa batas – selama kita memiliki nomor kontaknya dan tersedia koneksi internet. Kamu bisa menghubungi teman, kerabat, saudara di benua manapun, baik itu melalui chat, telefun dan video call. FYI, fitur video call WhatsApp sekarang bisa multi vicall sampai 8 orang.

4. Back Up Chat Aman

By the way – sudah berapa kali kamu ganti smartphone?. Saya kira tidak hanya saya saja yang pernah ganti smartphone, meskipun itu cuma sekali, hehe – saya yakin teman-teman juga pernah gonta-ganti smartphone. Di dalam aplikasi WhatsApp tersedia fitur back up chat yang bisa kita gunakan untuk memindahkan riwayat chat di smartphone lama ke yang baru. Jadi, dengan fitur WhatsApp ini kita tidak perlu khawatir kehilangan riwayat chat saat ganti hp.

5. Story WhatsApp

Kita tidak asing lagi dengan fitur WhatsApp satu ini, ya, fitur story. Layaknya fitur story sosial media lain seperti Facebook dan Instagram, WhatsApp juga menyediakan layanan story yang bisa kita manfaatkan untuk mengunggah gambar, video, dan share link yang secara otomatis akan hilang setelah 24 jam.

Kekurangan WhatsApp (WA)

1. Membutuhkan Data yang Besar

Kebutuhan data yang besar pada aplikasi ini tidak bisa dihindari. Meski fitur chat hanya membutuhkan data yang kecil, namun saat ada video yang masuk pasti akan memakan kuota data kita. Terlebih bagi kamu yang tidak menonaktifkan pengaturan otomatis media yang diterima dapat membuat penggunaan data tidak terkontrol. Kita yang suka melihat fitur stori di WA juga memiliki potensi membuang banyak data.

2. Rentan Peretasan Akun

Kekurangan WhatsApp berikutnya adalah rentan peretasan akun. Kekurangan ini justru disebabkan karena kemudahan WA itu sendiri. Pasalnya – kemudahan akun WA yang bisa dibuat dengan hanya bermodal smartphone, koneksi internet dan nomor hp justru sangat berpotensi diretas oleh pihak tidak bertanggungjawab dengan mudah. Dan resiko peretasan akan semakin besar apabila kita sering berganti-ganti nomor.

3. Penyimpanan Data Tidak Aman

Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh pihak WhatsApp justru dapat menimbulkan resiko lainnya, salah satunya soal keamanan data. Hal ini dikarenakan sistem WhatsApp menyimpan data ke dalam partisi publik – khususnya versi android yang menjadikan data sangat mudah diakses oleh berbagai aplikasi file manager.

Bayangkan saja, seandainya akun kita sampai diretas oleh orang lain, maka seluruh data kita, baik itu chat, gambar atau video bisa diambil dengan mudah. Tentu sangat merugikan bagi kita.

4. Web WhatsApp

Kamu pernah menggunakan WhatApp Web?. Bagi kamu yang sering menggunakan WA web tentu pernah mengalami masalah ini. Bisa tidak kamu menggunakan WA web saat smartphone kamu mati atau tidak terhubung internet?. Jawabannya pasti tidak bisa. Nah, ini juga merupakan salah satu kekurangan fitur WhatApp web yang mengharuskan WA di smarthphone kamu juga harus terkoneksi dengan internet. Jika tidak, maka kita tidak bisa menggunakan WA web.

Selanjutnya, saya akan memaparkan aplikasi chating pesaing WhatsApp, yakni Telegram. Beberapa dari kita tentu juga sudah tidak asing dengan aplikasi chating ini, saya sudah lama menggunakannya, mungkin kamu juga salah satunya.

Aplikasi yang memiliki logo iconic bergambar pesawat kertas dengan warna biru ini, patut kita pertimbangkan fitur-fitur yang ada di dalamnya – Terlebih bagi kita yang sudah jenuh dengan tumpukan group-group di WA yang justru menyusahkan komunikasi pribadi dengan seseorang.

Apa saja keunggulan telegram, apa saja fitur telegram yang ditawarkan kepada penggunanya – di bawah akan saya paparkan selengkapnya beserta kekurangan-kekurangan yang menyertainya.

keunggulan telegram vs whatsapp kamu pilih mana 2

Keunggulan Telegram

1. Ringan Dijalankan

Keunggulan aplikasi telegram yang menarik minat pengguna menginstall-nya adalah karena ringan dijalankan. Telegram versi Android di playstore pada tanggal 13 Maret 2021 memiliki ukuran 24 mb saja, berbeda dengan WhatsApp yang memiliki ukuran aplikasi di atas telegram.

2. Berbagi File Berukuran Besar

Dari pada WhatsApp, sebetulnya Telegram merupakan aplikasi chatting yang lebih dulu menyediakan fitur berbagi file. Kala itu WA yang hanya menyediakan fitur sharing file PDF, Telegram sudah menyediakan fitur kirim file dengan beragam format – selain pesan, foto dan video. Keunggulan lain dari Telegram yang tidak dimiliki WhatsApp adalah berbagi file berukuran besar. Melalui aplikasi WhatsApp – paling-paling kita bisa mengirim file maksimal 20 mb saja, tetapi tidak dengan Telegram. Telegram bisa kita gunakan untuk mengirim file yang cukup besar, yakni dengan file berukuran maksimal 1,5 gb.

3. Web Telegram yang Mudah

Berbeda dengan Web WhatsApp seperti yang saya tulis di atas, Telegram versi web lebih simpel untuk digunakan. Telegram merupakan aplikasi chatting berbasis cloud dengan sistem sinkronisasi yang oke. Oleh karenanya, kita bisa menggunakan aplikasi telegram di satu perangkat tanpa harus menghidupkan perangkat lainnya seperti yang ada di WhatsApp.

Ini salah satu keunggulan Telegram yang saya suka. Misalnya ketika saya men-charge smartphone yang dalam keadaan mati, saya tetap bisa melakukan chatting melalui Telegram menggunakan laptop. Teman-teman bisa mencoba keunggulan Telegram ini.

4. Fitur Bot Telegram

Fitur Bot Telegram dijalankan oleh aplikasi, bukan manusia. Fitur ini menjadi nilai lebih dibandingkan dengan WhatsApp. Bot di aplikasi Telegram dilengkapi dengan fitur kecerdasan buatan atau Artificial Intellegence. Bot yang tertanam di aplikasi Telegram dapat melakukan aktifitas seperti broadcasting, game dan aktivitas-aktivitas lainnya di internet.

5. Jumlah Anggota Group

Kapasitas keanggotan group juga menjadi salah satu keunggulan aplikasi Telegram juga. Pasalnya, dibandingkan dengan WhatsApp – Telegram memiliki tampungan anggota group yang sangat jauh lebih banyak. Jika group di WhatsApp hanya bisa diisi maksimal 256 orang, maka Telegram mampu menampung anggota group mencapai 5000 orang.

Selain memaparkan keunggulan dari Telegram, tentu tidak fair rasanya jika saya tidak mengulas kekurangan dari aplikasi pesaing WhatsApp ini. Pun dengan segala kelebihannya, Telegram juga memiliki kekurangan. Di bawah ini selengkapnya.

Kekurangan Telegram

1. Tidak Tersedia Fitur Story

Kekurangan yang paling mencolok dari aplikasi Telegram dibandingkan dengan WhatsApp adalah tidak tersedia fitur stori. Bagi kamu yang suka kepo dengan aktifitas teman-teman kamu, tentu kamu tidak dapat menemukan fitur story jika menggunakan Telegram. Barangkali ini juga yang menyebabkan seseorang lebih menyukai WA dari pada telegram.

2. Video Call

Kamu yang terbiasa melakukan panggilan video group di aplikasi WhatsApp – kamu tidak akan bisa lagi vicall bersama teman-teman kamu di aplikasi Telegram. Karena, video call di Telegram – hanya bisa digunakan maksimal dua orang. Ya, hanya dua orang. Ini salah satu kekurangan fitur Telegram yang tidak bisa dibantah jika dibandingkan dengan WA.

3. Notifikasi Pengguna Baru Telegram

Setting bawaan aplikasi telegram salah satunya adalah − adanya notifikasi di smartphone kamu apabila ada teman di kontak kamu yang baru membuat akun telegram. Mungkin oleh pihak Telegram – fitur ini dimaksudkan agar pengguna mengetahui jika ada teman baru di Telegram, namun sayang – bagi sebagian pengguna telegram, termasuk saya, justru ini dianggap mengganggu. Meski begitu, kamu bisa mematikan notifikasi pengguna baru ini dengan merubah settingannya di menu pengaturan.

Demikian ulasan saya mengenai keunggulan Telegram vs WhatsApp, perbandingan tentang kelebihan dan kekurangan dari Telegram dan WhatsApp yang sudah saya paparkan di atas semoga bisa menjadi tambahan wawasan bagi pembaca.

Jadi, pilih Telegram atau WhatsApp?. Tentukan pilihan kamu.