Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagi Pengguna HP Infinix: Keunggulan, Tips, Trik, Masalah dan Solusinya

KANGIZZA - Beberapa bulan terakhir Infinix semakin menarik perhatian bagi pengguna hp android di Indonesia. Di tengah persaingan produsen-produsen hp entry level ― sebut saja seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, dan Vivo ― Infinix mampu memecah persaingan itu dengan segudang keunggulan yang tidak dimiliki oleh hp merk lain. Keunggulan hp infinix bisa saya ungkapkan semacam ini ― dengan budget yang pas-pasan, saya bisa mendapatkan hp dengan layar yang melegakan, performa hp yang cukup untuk main mobile legend, battery yang awet, serta ram hp Infinix dan kapasitas penyimpanan yang besar ― sudah bisa mendukung mobilitas saya dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

tips trik masalah dan solusi di hp infinix

Kalau melihat pasaran hp Infinix ― hp ini termasuk hp yang untuk mendapatkannya kita tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, kita lihat di daftar hp infinix terbaru ― hp ini rata-rata dibandrol dengan harga kisaran 1,5 juta sampai 2 jutaan. Bahkan di pertengahan tahun ini, Infinix mampu menggegerkan jagat konsumen android di Indonesia dengan produk Infinix Hot 9 Play yang memiliki kapasitas battery 6000 mah, layar 6.82 inch., Ram 4 gb dan memori internal 64 gb ― hanya dibandrol dengan harga Rp. 1.449.000 saja di Lazada Flashsale. Bandingkan dengan merk hp lain, tentu kita tidak akan bisa mendapatkan spesifikasi yang begitu melegakan di harga satu jutaan saja. Pun demikian, mengenai performa jangan dibandingkan dengan merk hp lain, tentu sangat berbeda, kita kembalikan ke selera dan kebutuhan serta budget masing-masing.

Nah, dalam artikel ini saya akan berbagi kepada teman-teman sekalian mengenai pengalaman saya menggunakan hp Infinix Hot 9 4/128. Keunggulan hp Infinix sudah saya tuliskan di atas dan untuk selanjutnya saya akan berbagi mengenai tips, trik, masalah yang barangkali ditemui ketika menggunakan hp Infinix dan cara mengatasinya. Berikut artikel bagi pengguna hp Infinix: keunggulan, tips, trik, masalah dan solusinya selengkapnya.

Tentang Infinix Mobility

Infinix Mobility merupakan perusahaan elektronik yang berpusat di hongkong dengan pabrik yang berlokasi di Shenzhen. Perusahaan ini merupakan bagian dari Transsion Group. Seluruh produk-produk Infinix terinspirasi dari desain-desain elegan dari prancis, sehingga bisa kita lihat desain hp Infinix meskipun dibandrol dengan harga yang jauh dibawah merk-merk pesaing ― tetapi dari desainnya sangat memanjakan pasar milenal yang futuristik. Perusahaan Infinix didirikan pada tahun 2013 dengan strategi pasar yang unik, dimana perusahaan ini memulai eksodus produknya berfokus di Timur Tengah, Eropa dan benua Afrika. CEO Infinix, Benjamin Jiang dan Andy Yan selaku presiden perusahaan yang memiliki segudang pengalaman dalam industri elektronik Cina ― sama sekali tidak memasarkan produknya di negara asalnya, tetapi ia lebih memilih memasarkan di negara-negara lain dan justru Infinix meraih pasar yang laris di negara-negara seperti Mesir, Pakistan, Nigeria, Kenya, Ghana, Maroko, Uni Emirat Arab, Arab Saudi dan Prancis.

Perluasan pemasaran Infinix ke benua Asia diawali pada bulan Juni 2015 dengan sasarannya adalah negara Indonesia. Produk pertama yang ditawarkan kepada konsumen di Indonesia kala itu adalah seri Hot Note yang menuai kesuksesan luar biasa dengan berhasil menjual secara eksklusif di Lazada Indonesia mencapai 2.800 unit dalam 28 menit saja. Selain itu, negara-negara Asia lainnya seperti Vietnam, Filipina dan Thailand juga sudah menjadi negara sasaran ekspansi produk-produk dari Infinix Mobility.

Tips, Trik, Masalah dan Solusi bagi pengguna hp Infinix

Pun Infinix memiliki segudang keunggulan, namun saya sendiri yang juga sebagai pengguna hp Infinix ― saat pertama kali menggunakan cukup mengalami beberapa masalah dan perlu adaptasi dengan sistem XOS-nya, kalau guyonannya hp ini disebut hp kentang, kalau tidak gitu sebutannya hp dengan kamera burik, hahaha. Padahal menurut saya hp Infinix dengan segala kekurangannya pula ― saya menilai hp ini sangat memuaskan. Oleh karenanya dalam artikel ini akan saya bagikan beberapa tips dan trik untuk mengatasi beberapa masalah yang barangkali juga teman-teman alami sebagai pengguna hp Infinix. Selain pengalaman pribadi, dalam artikel ini saya juga akan menuliskan pengalaman teman-teman lain sesama pengguna hp Infinix dengan tips dan triknya yang semoga bermanfaat untuk teman-teman yang mampir di blog saya ini.

1. Cara mengatasi hp Infinix tidak bisa browsing (internet) tapi lancar untuk main Sosmed

Setelah membeli hp Infinix Hot 9, masalah ini adalah yang pertama saya alami ― dimana ketika hp dihidupkan dan simcard sudah terpasang ― saya bisa berselancar dengan mudah ketika membuka aplikasi WhatsApp dan Facebook lite, tetapi ketika saya ingin browsing menggunakan aplikasi Google Chrome atau membuka Youtube seketika hp Infinix saya seperti kehilangan akses internet, semacam kehabisan kuota. Padahal ketika saya cek ternyata kuota masih banyak dan masa aktif masih panjang.

Perlu diketahui saya menggunakan paket data 3 (Three). Setelah otak-atik sana-sini akhirnya saya menemukan dimana masalahnya dan barangkali ini adalah kendala yang dialami juga oleh beberapa pengguna hp Infinix dengan paket data Three. Jika kamu mengalaminya, maka solusinya adalah dengan mengganti setting APNs menjadi 3DATA. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Pergi ke ‘pengaturan’
  • Pilih ‘Jaringan & internet’
  • Kemudian pilih ‘Jaringan seluler’
  • Pilih ‘Nama Titik Akses’
  • Pada tampilan APNs pilih 3DATA.

hp infinix tidak bisa browsing tapi sosmed lancar

2. Pesan WA di hp Infinix tidak masuk

Dalam beberapa kasus pengguna hp Infinix ada yang mengalami masalah ini ― dimana pesan WA di hp Infinix tidak mau masuk apabila aplikasi WA tidak dibuka terlebih dulu. Jadi misalnya kita keluar ke tampilan menu Infinix atau membuka aplikasi lain maka pesan WA secara otomatis tidak akan masuk. Sekali lagi ini hanya beberapa kasus, tidak semua hp Infinix mengalami kendala yang demikian. Jika teman-teman mengalami ini saya sarankan tidak perlu panik, kendala semacam ini masalahnya terletak pada aplikasi WA yang tidak aktif di menu belakang layar. Barangkali Infinix memberikan settingan awal yang demikian untuk menekan pemborosan baterai sehingga lebih awet. Kendala mengenai pesan WA di hp Infinix tidak masuk ini bisa teman-teman atasi dengan cara di bawah ini :

  • Pergi ke ‘Pengaturan’
  • Pilih ‘Laboratorium baterai’
  • Lanjut ke menu ‘Pengaturan profesional’
  • Pilih menu ‘Layar mati tidur’
  • Cari aplikasi WhatsApp dan nonaktifkan

pesan wa di hp infinix tidak mau masuk

Setelah melalui langkah-langkah tersebut maka permasalah teman-teman sudah teratasi dan WA kembali aktif dengan normal. Nah, selain itu, dalam fitur di HP Infinix ini, teman-teman bisa memanfaatkannya untuk menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang dianggap menggangu, tinggal aktifkan saja tombol aplikasi pada menu ‘Layar mati tidur’.

3. Ikon headset hp Infinix tidak mau hilang

Ada beberapa teman sesama pengguna hp Infinix yang mengalami masalah ini dan kebetulan saya juga pernah mengalaminya. Ini sedikit cerita saja ― saya beraktifitas seperti biasanya, bekerja, ngopi, kumpul dengan teman-teman, mendengarkan musik, main game, terkadang memakai headset terkadang tidak, tapi suatu ketika saat enak-enak main hp dengan memasang headset setelah dilepas tiba-tiba ikon headset di bagian atas layar tidak mau hilang. Masalah ikon headset ini membuat suara hp Infinix saya tidak bisa keluar dari speaker utama, tetapi ketika dipasang headset ya bisa terdengar normal, namun setelah dilepas tetap saja ikon headset tidak mau hilang dan suara hp belum kembali normal. Tentunya di sini saya pernah panik, tetapi alhamdulillah setelah saya mencoba mencari-cari petunjuk dan hasil ujicoba konyol saya ― masalah ikon headset hp Infinix tidak mau hilang ini bisa teratasi.

ikon headset hp infinix tidak mau hilang

Sebenarnya tips ini berlaku juga untuk hp merk lain, kemungkinan demikian ― asalkan penyebabnya sama. Jadi masalah headset tidak mau hilang ini disebabkan jaringan kelistrikan di port headset yang bermasalah, bisa jadi faktor kemasukan debu atau air saat beraktifitas tanpa kita sadari ― yang mengakibatkan konektor plus minus (+-) port headset terus nyambung, sehingga seakan-akan headset di hp kita terus terpasang. Jadi solusinya bagaimana? Bersihkan port headset di hp dari kotoran yang menempel, bisa dengan menggunakan tisu, penyedot debu atau dengan cara lain, misalnya menyedot lubang headset dengan mulut seperti yang saya lakukan, hahaha.

4. Cara menghilangkan tampilan layar paling kiri dan kolom pencarian di hp Infinix

Pernahkah teman-teman melihat tampilan layar di hp Infinix seperti di bawah ini?

cara menghilangkan tampilan layar paling kiri di hp infinix

Barangkali teman-teman ada yang berfikiran fitur-fitur di hp Infinix semacam ini kurang bermanfaat, justru kalau dilihat-lihat tampilannya terkesan ndrembel dan kurang efisien secara fungsi. Dan tentunya hal ini sangat berpengaruh terhadap penggunaan ram dan baterai di hp Infinix. Jika teman-teman menginginkan tampilan hp lebih simpel dan irit daya maka bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  • Tekan tahan di layar kosong di tampilan utama hp
  • Pilih ‘Menu’
  • Selanjutnya pilih menu ‘Setelan lain’
  • Nonaktifkan menu ‘Bilah Pencarian’, ‘Penelusuran Populer’, dan ‘Layar Nol'.

Setelah mengikuti langkah di atas maka tampilan layar paling kiri dan kolom pencarian di hp Infinix teman-teman bisa dihilangkan dan tampilan hp akan menjadi lebih simpel, elegan dan tentunya baterai semakin awet.

5. Cara membuat screenshot berbingkai di hp Infinix

Teman-teman sebagai pengguna Infinix pernah kan melihat hasil screenshot semacam ini?

cara membuat screenshot berbingkai di hp infinix

Nah, ini salah satu fitur yang dimiliki hp Infinix ― dimana kita disediakan fitur screenshot berbingkai. Mungkin dari beberapa teman-teman masih bingung letak tombolnya dimana kalau ingin buat screenshot berbingkai di hp Infinix, di bawah ini adalah langkah-langkahnya :

  • Screenshot terlebih dulu halaman yang diinginkan
  • Tekan pada bagian gambar hasil tangkapan (tidak perlu tekan tahan)
  • Kemudian pilih menu ‘Cuplikan layar dibingkai’
  • Pilih ‘simpan’ dan screenshot berbingkainya sudah jadi

6. Cara merubah font hp Infinix

Untuk membuat tampilan android lebih menarik, biasanya kita berkreasi dengan mengubah tampilan font-nya. Kalau saya sendiri lebih suka dengan font bawaan dari hp, pasalnya saya lebih mengedepankan efektifitas serta kenyamanan ketika membaca tulisan di hp. Kalaupun saya ingin mengubah font hp ― paling ya font default dari brand hp populer lain. Setiap hp pasti memiliki ‘setting’ untuk merubah tampilan, pun jenis dan jumlah font yang bisa dipilih berbeda. Bagaimana dengan font di hp Infinix?. Hp Infinix memiliki fitur merubah font dengan jumlah opsi font yang terbatas, pun demikian ― kembali ke selera masing-masing. Lantas, bagaimana cara merubah font hp Infinix?. Font hp Infinix bisa diganti apabila bahasa sistem hp menggunakan bahasa Inggris. Jika Infinix-mu berbahasa Indonesia, maka rubah dulu menjadi bahasa Inggris, kemudian ganti font sesuai yang diinginkan, setelah itu kembalikan setting bahasa ke bahasa Indonesia. Untuk langkah-langkah detailnya seperti berikut.

cara merubah font hp infinix


  • Pilih ‘pengaturan’
  • Pilih ‘Sistem’
  • Kemudian pilih ‘Bahasa (languages) & masukan’
  • Pilih ‘Bahasa (Languages)’
  • Tahan dan geser opsi ‘English (United States)’ ke atas sehingga menjadi bahasa urutan nomor 1.
  • Selanjutnya masuk ke menu ‘XTheme’
  • Pilih ‘Discovery’ kemudian ‘Font’
  • Pilih font yang teman-teman suka
  • Kembalikan setting bahasa ke Indonesia

Sementara beberapa ulasan ini yang bisa saya sharingkan dalam artikel mengenai Tips, Trik, Masalah dan Solusi bagi pengguna hp Infinix, mudah-mudahan bermanfaat ― terutama bagi teman-teman yang juga pengguna hp Infinix seperti saya. Barangkali ada kritik, saran atau ingin sharing mengenai tips trik seputar Infinix ― bisa tulis di kolom komentar.

Dan terakhir sebagai tambahan informasi, artikel ini akan saya update secara berkala untuk sharing lebih banyak lagi seputar hp Infinix.