Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Download Video Facebook, Instagram dan Twitter di Android

KANGIZZA - Dalam artikel ini saya akan berbagi tips dan tutorial kepada teman-teman tentang cara mudah download video Facebook, Instragram dan Twitter di Android yang semoga dapat menambah efektifitas teman-teman semua sebagai pengguna media sosial.

Saya yakin teman-teman pembaca yang nimbrung di artikel blog pribadi saya ini termasuk golongan pengguna media sosial yang militansinya tidak perlu dipertanyakan lagi ― yang kebetulan ketika main facebook, instagram atau twitter di androidnya masing-masing menemukan video yang menarik dan ingin diunduh ― agar bisa ditonton kapanpun atau bisa juga dijadikan bahan amunisi untuk mengisi stori WhatsApp. 

cara mudah download video dari facebook

Perbandingan antara Facebook, Instagram dan Twitter

Sebelum saya menjelaskan secara teknis cara download video dari Facebook atau dari dua aplikasi yang lainnya, pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan kepada teman-teman tentang pengalaman saya dalam menggunakan aplikasi media sosial.  Untuk sekarang ― saya lebih suka nongkrong di Twitter dibandingkan di aplikasi media sosial lainnya.

Dua aplikasi media sosial lain seperti facebook dan Instagram masih tetap terinstal di hp android saya, tetapi keduanya tidak saya aktifkan, semua akun di kedua aplikasi ini saya logout. Kenapa demikian?. Tentu hal ini saya memiliki alasan tersendiri tentang mengapa lebih memilih twitter daripada kedua aplikasi yang lain. Tapi sekali lagi ― ini adalah pendapat pribadi, dan teman-teman semua juga punya hak untuk menyampaikan pendapatnya sendiri.

Ini tadi katanya akan membahas cara download video Facebook, cara download video Instagram?, kok malah mbahas ngalor ngidul. Hehe, sabar teman-teman. Jadi begini, saya termasuk pengguna lama media sosial yang ada di mesin perambah google, bahkan sebelum facebook ada. Dulu waktu saya masih sekolah ― sempat ngetrend media sosial Friendster, barangkali teman-teman ada yang pernah punya friendster? Berarti kita seangkatan.

Namun euforia pengguna Friendster tidak lama kemudian harus beradaptasi dengan keberadaan facebook ― yang kala itu Facebook masih terasa spesial. Karena mungkin pada saat itu belum banyak orang yang familier dengan internet. Setelah masuk kuliah ― saya mencoba membuat akun twitter. Pada saat itu saya merasa bingung bagaimana sebenarnya pemanfaatan twitter ini, walhasil akun twitter saya anggurkan, yang penting punya dulu.

Lanjut ― di masa-masa berikutnya sampai sekarang kita sudah diperkenalkan dan sudah familier juga dengan aplikasi Instagram, sebuah media sosial yang menawarkan fitur-fitur untuk memperindah gambar, bahkan teman-teman pun seandainya ada yang tidak mandi dua hari sekalipun ― kalau sudah masuk menjadi konten instagram bisa terlihat manis, segar bugar seperti habis mandi terus, hahaha.

Seiring berjalannya waktu, sebagai pengguna ketiga sosial media ini, saya yang juga mulai paham dengan cara mengoperasikan twitter ― secara tidak langsung kemudian saya bisa membandingkan antara ketiganya. Karena facebook merupakan situs media sosial yang lebih dulu ada yang menjadikan banyak orang lebih familier dan menggunakannya, kita akan lebih mudah menemukan peristiwa-peristiwa terkini, khususnya yang bersifat lokal (barangkali ini sebab algoritmanya yang memang demikian) ketika kita masuk ke beranda facebook.

Kemudian Instagram, sebagaimana yang saya utarakan di atas, kita akan disuguhkan dengan konten-konten gambar pengguna yang menarik untuk dilihat. Selain itu juga kita bisa melihat kreatifitas konten kreator dengan produk desain grafis dan video pendek yang diunggah di Instagram.

Selanjutnya Twitter ― kalau Twitter ini menurut saya lebih menyuguhkan konten yang memuat ide dan gagasan dalam sebuah tulisan. Pengguna Twitter ditantang untuk bagaimana menyampaikan ide dan gagasannya secara singkat, padat dan jelas ― karena space tweet yang sangat terbatas. ........ ini kapan Bambank njelasinnya cara download video Twitter? dari tadi ndak habis-habis. Sabar teman-teman ... sabar dulu, sedikit lagi uraian saya selesai.

Jadi apa yang saya utarakan di atas kurang lebih terangkum ke dalam quotenya akun Twitter @nugarislucu yang berdakwah seperti ini “Di Instagram aku melihat orang-orang. Di Facebook aku menyaksikan kejadian. Di Twitter aku membaca ide dan gagasan. Di matamu aku melihat mimpi yang menjadi kenyataan.” Hiyahiyahiya.

Barangkali demikian gambaran saya tentang perbandingan dari ketiga situs media sosial ini. Dari sedikit gambaran ini kita dapat ambil sebuah kesimpulan bahwa setiap situs media sosial memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lantas kenapa saya lebih memilih Twitter?.

 Alasannya―bagi saya di facebook itu terlalu banyak informasi yang barangkali tidak terlalu penting bagi saya, sedangkan di instagram ― semakin kesini yang kita lihat adalah semacam menjadi wadah penggunanya untuk beradu riya’ (pamer), padahal indahnya foto-foto di instagram tak seindah realitanya, hahaha.

Terlebih lagi ketika membuka Facebook atau Instagram, rasanya seperti masuk ke pasar, yang isinya belantik online jualan barang dagangannya. Niat ingin melihat peristiwa di Facebook, ketemunya dengan kumpulan gambar barang dagangan. Niat ingin melihat kreatifitas para konten kreator di Instagram, ketemunya justru dengan foto-foto orang pamer makanan, pamer foto saat pergi ke tempat wisata, padahal itu foto stok lama yang sengaja dipost rutin agar kelihatan setiap minggu berwisata terus.

Sedangkan untuk Twitter detik ini saya menilai masih lebih steril dari pengguna yang tujuannya hanya untuk jualan atau pamer ― dibandingkan dengan Facebook dan Instagram. Sebenarnya ada pengguna twitter yang demikian, tapi tidak banyak. Pun demikian, tetap ada kekurangan di twitter, apalagi sekarang sedang musim profesi buzzer politik yang merusak algoritma Twitter dengan perang tagar. 

Sehingga dapat ditarik sebuah pemahaman ― bahwa kita mau lebih sering nongkrong di facebook, instagram atau twitter, semua dikembalikan dengan kecenderungan dan nuansa yang ditawarkan sesuai selera kita masing-masing. Demikian ulasan saya yang ternyata panjang lebar dan berbelit-belit, muehehehe. Terimakasih atas kesabarannya teman-teman sekalian dan di bawah ini akan saya menjelaskan cara mudah download video Facebook, Instragram dan Twitter di Android

Perlu diketahui, tutorial tentang cara unduh video dari Facebook, Instagram dan Twitter di Android ini yakni dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi pengunduhnya apa saja dan bagaimana langkah-langkahnya, saya akan jelaskan secara lengkap di sini. Untuk mempermudah penjelasan saya, artikel ini akan saya menjadi tiga bagian, diantaranya ;

  • Cara download video dari Facebook
  • Cara download video dari Instagram
  • Cara download video dari Twitter

Cara Download Video dari Facebook

Saya anggap bahwa teman-teman disini sudah menginstal aplikasi media sosialnya di android masing, baik itu Facebook, Facebook Lite, Instagram atau Twitter ― sehingga saya tinggal menjelaskan aplikasi pengunduh yang saya rekomendasikan dan langkah-langkah penggunaannya.

cara mudah download video dari facebook

Aplikasi pengunduh video di Facebook yang saya gunakan bernama Pengunduh Video untuk Facebook (Video Downloader & Video Downloader for Facebook). Aplikasi ini bisa didownload di playstore secara gratis. Aplikasi ini juga tidak membutuhkan space yang terlalu besar, yakni hanya berukuran 17,61 MB. Pengoperasian aplikasinya pun juga cukup sederhana dan mudah.

Untuk cara menggunakan aplikasi pengunduh video Facebook-nya :

  1. Buka aplikasi facebook di hp android
  2. Cari dan temukan video yang ingin didownload
  3. Klik tombol tiga titik pada tampilan video di aplikasi facebook (biasanya ada di sebelah atas bagian kanan), kemudian klik salin tautan
  4. Selanjutnya buka aplikasi Pengunduh Video untuk Facebook (Video Downloader & Video Downloader for Facebook dan video akan terdownload secara otomatis.

Cara Download Video dari Instagram

Untuk aplikasi pengunduh video di Instagram ― saya merekomendasikan aplikasi bernama Pengunduh Video untuk Instagram (Video Downloader & Video Downloader for Instagram) yang dapat teman-teman download secara gratis di playstore. Pengoperasian aplikasinya pun juga cukup sederhana, mudah dan nyaman. Aplikasi ini tidak membutuhkan space yang terlalu besar. Selain untuk mengunduh video ― aplikasi ini bisa teman-teman gunakan juga untuk mengunduh foto-foto yang ada di Instagram.

cara mudah download video dari instagram

Untuk langkah penggunaan aplikasi pengunduh video Instagram kurang lebih sama seperti sebelumnya :

  1. Buka aplikasi Instagram
  2. Cari dan temukan video atau gambar yang ingin didownload
  3. Klik tombol tiga titik pada tampilan video atau gambar di aplikasi Instagram (terletak di atas sebelah kanan), kemudian klik salin tautan
  4. Selanjutnya buka aplikasi Pengunduh Video untuk Facebook (Video Downloader & Video Downloader for Instagram dan video atau gambar akan terdownload secara otomatis.

Cara Download Video dari Twitter

Aplikasi pengunduh terakhir yang ingin saya rekomendasikan untuk mengunduh video di Twitter bernama Download Twitter Videos - Twitter Video Downloader. Teman-teman dapat mengunduhnya secara gratis di playstore. Aplikasi ini tidak membutuhkan space yang terlalu besar. Pengoperasian aplikasi ini sederhana, mudah dan nyaman, sama seperti aplikasi pengunduh sebelum-sebelumnya. Selain untuk mengunduh video ― aplikasi ini juga bisa teman-teman gunakan untuk mengunduh foto-foto di Twitter.

cara mudah download video dari twitter

Untuk langkah penggunaannya:

  1. Buka aplikasi Twitter
  2. Cari dan temukan video yang ingin didownload
  3. Klik tombol berbagi pada aplikasi Twitter (terletak di bawah sebelah kanan, berbentuk tiga lingkaran disambung oleh garis), kemudian klik salin tautan
  4. Selanjutnya buka aplikasi Download Twitter Videos - Twitter Video Downloader, kemudian paste-kan ke dalam kolom yang tersedia, dan terakhir klik tombol download yang ada di bagian bawah.

Kurang lebih demikian tips dan tutorial pada artikel kali ini yang membahas tentang cara mudah download video Facebook, Instragram dan Twitter di Android. Semoga dapat menjawab rasa penasaran teman-teman semua yang ingin mengunduh video-video menarik yang ditemukan di aplikasi media sosial teman-teman, terutama Facebook, Instagram dan Twitter.

Terimakasih sudah mampir ke Blog-nya KANGIZZA.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Download Video Facebook, Instagram dan Twitter di Android"