Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Tepat Mengatasi Suhu Laptop Cepat Panas | Review Vacum Cooler Taffware

Cara Tepat Mengatasi Suhu Laptop Cepat Panas

KANGIZZA - Sering kali saat menggunakan laptop dengan software atau aplikasi yang dijalankan tergolong berat—apalagi dalam durasi yang lama, pikiran kita selalu dihantui kerusakan laptop akibat suhu laptop yang gampang panas. Seperti pengalaman saya saat menggunakan laptop kesayangan. Misalnya ketika saya bermain game, atau iseng-iseng edit banner blog menggunakan corel dan dalam waktu yang bersamaan banyak situs yang saya buka, suhu laptop saya saat itu juga bisa naik mencapai 95 °C, bahkan pernah sampai 100 °C.

Tentu hal ini sangat mengkhawatirkan. Jangan-jangan—kalau dibiarkan lama-kelamaan laptop saya bisa benar-benar rusak. Tetapi sekarang kekhawatiran tersebut sirna, saya memiliki cara tepat mengatasi suhu laptop cepat panas, yakni dengan menambah aksesoris taffware pendingin laptop, atau lebih populernya di dunia maya dengan sebutan vacum cooler laptop atau vacum pendingin laptop.

Cara kerja vacum cooler laptop ini berbeda dengan cooling pad pada umumnya yang menghembuskan angin ke dalam laptop dari bawah, tetapi sebaliknya yakni dengan menyedot atau mengeluarkan suhu panas dari dalam laptop. Setelah menggunakan vacum cooler selama 4 hari terbukti sangat efektif untuk menstabilkan suhu laptop saya yang gampang panas.

Jika biasanya suhu laptop bisa mencampai 95 °C maka dengan menggunakan aksesoris ciamik yang memiliki kecepatan putaran kipasnya antara 1500-3000 RPM mampu menurunkan suhu laptop sampai 65 °C dalam keadaan kinerja penuh. Jadi sebagai pemilik laptop—saya tidak lagi mengkhawatirkan dengan aktifitas yang tidak bisa dilepaskan dari laptop, mulai dari ngegame, ngeblog, streamingan youtube, nonton film online, edit-edit gambar, dan lain sebagainya. Dan tentunya sangat membantu ketika laptop digunakan dalam waktu yang lama.

Cara Tepat Mengatasi Suhu Laptop Cepat Panas

Dimana kalian bisa mendapatkan aksesoris pendingin laptop ini?. Sepertinya kalau di toko-toko komputer khususnya di area Trenggalek dan sekitarnya belum ada yang menjual atau mungkin saya yang ndak tau. Pendingin laptop merk taffware ini saya dapatkan dari salah satu situs jual beli online dengan harga Rp. 68.000 ditambah ongkir sebesar Rp. 14.000. Dalam satu set vacum cooler laptop terdiri dari kabel usb sebagai penyalur aliran listriknya, tatakan, corong pendingin berbahan sintesis dengan 3 jenis ukuran; kecil, sedang, dan besar, dan yang terakhir vacum pendingin itu sendiri.

Cara merakit pemasangannya sangat mudah, pertama pasang corong sintesis pada vacum pendingin sesuai ukuran ventilasi laptop kalian, pasang tatakan sesuai pola yang ada di bawah vacum pendingin, dan pasang kabel usbnya. Setelah itu posisikan vacum pendingin tepat pada lubang ventilasi laptop yang biasanya berada di sebelah kiri. Dan terakhir putar tombol knock on/off.

Cara Tepat Mengatasi Suhu Laptop Cepat Panas

Kecepatan kipas pada vacum pendingin ini dapat diatur secara manual, misalnya jika sedang menjalankan aplikasi yang membutuhkan kinerja laptop tinggi, maka vacum pendingin bisa disetel kecepatan tertinggi agar penyedotan suhu panas dalam laptop lebih maksimal.

Sekian sharing untuk malam ini tentang cara tepat mengatasi suhu laptop cepat panas, semoga bermanfaat.