Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal-Hal Penyebab Tamu Hotel Dikenai Denda

KANGIZZA - Menginap di hotel adalah hal yang biasa dilakukan bagi yang suka traveling ― Mungkin kamu juga salah satunya.

Selain untuk tempat beristirahat, hotel tertentu justru bisa menjadi salah satu tujuan traveling karena selain menawarkan tempat tinggal, adakalanya hotel menyajikan berbagai fasilitas yang menyenangkan ― misalnya view pemandangan yang memanjakan mata saat melihat ke luar jendela hotel, kolam renang, dan fasilitas hiburan lainnya yang membuat tamu hotel merasa betah untuk menginap.

Setiap hotel pasti memiliki kebijakan atau aturan kepada tamu yang menginap untuk menjaga keamanan dan kenyamanan baik dari pihak hotel dan tamu hotel itu sendiri. Tentunya peraturan dan fasilitas-fasilitas yang diberikan juga menyesuaikan kelas hotel. Hotel kelas bintang 3 ke atas akan sangat berbeda dengan hotel bintang 3 ke bawah.

Bagi setiap tamu hotel harus memahami dan mematuhi aturan-aturan yang sudah ditetapkan. Pasalnya jika aturan-aturan ini dilanggar, maka sebuah sanksi akan diberikan pihak hotel kepada tamu yang menginap dalam bentuk charge ― bahasa yang paling mudah untuk dipahami charge ini adalah uang ganti rugi atau denda.

Lantas apa saja hal-hal yang menyebabkan tamu hotel dikenakan charge?. Dibawah ini akan saya bagikan kepada teman-teman beberapa kasus denda yang sering dialami tamu hotel.

hal-hal penyebab tamu hotel dikenai denda

Faktor Penyebab Tamu Hotel dikenai Denda

1. Membawa pulang fasilitas kamar hotel

Setelah memesan kamar di hotel, kamu akan disuguhkan dengan bermacam-macam fasilitas dan peralatan yang mungkin saja di rumah tidak ada. Fasilitas yang diberikan hotel tidak lain untuk memberikan kenyamanan tamu hotel selama menginap. Kamu akan diberikan kebebasan menggunakan semua fasilitas di dalam kamar hotel selama menginap, tetapi ingat ― kamu tidak diperbolehkan membawa-nya pulang. Sebelum checkout pastikan bahwa perlengkapan di kamar hotel tidak ada yang hilang. Namun ― biasanya ada beberapa barang yang ditolerir bisa dibawa pulang, seperti sandal, sikat gigi, pasta gigi, dan sabun ― selebihnya tidak diperkenankan.

2. Merusak fasilitas kamar hotel

Pada prinsipnya, setelah kamu membayar biaya sewa kamar hotel ― maka kamu leluasa menggunakan semua peralatan yang ada di dalamnya tanpa terkecuali, mulai dari almari hotel, smart tv, tempat tidur, sampai segala perabotan yang ada di dalam kamar mandi. Sebagai tamu hotel yang baik, maka sepatutnya kita mematuhi aturan-aturan yang ditetapkan pihak hotel. Meskipun diberikan keleluasaan menggunakan fasilitas kamar hotel, tetapi kita juga harus berhati-hati ― jangan karena kelalaian kita sampai akhirnya merusak fasilitas, misalnya saja gelas yang pecah, atau pipa shower kamar mandi patah. Jika sampai terjadi insiden demikian, bisa dipastikan kita akan kena denda / charge saat checkout dari hotel.

3. Merokok di dalam kamar hotel

Bagi perokok berat, rokok itu sudah masuk ke dalam kategori kebutuhan primer yang harus ada di setiap waktu dan dimanapun perokok itu berada. Bisa jadi satu hal yang membuat perokok tidak terlalu betah tinggal di dalam kamar hotel karena rata-rata hotel melarang tamunya untuk merokok di dalam kamar. Pasalnya asap rokok disinyalir menjadi penyebab mudah rusaknya AC disamping karena menimbulkan bau tidak sedap di dalam kamar hotel. Saran bagi kamu yang perokok ― agar menginapmu di hotel lebih nyaman, maka sebaiknya carilah kamar hotel yang ada balkonnya, sehingga ketika ingin merokok kamu tinggal pindah ke balkon ― dan kamu bisa merokok dengan tenang tanpa khawatir kena charge dari hotel.

4. Seprai terkena noda membandel

Siapa sangka ― meninggalkan noda membandel pada seprai kamar hotel yang kita gunakan ternyata juga bisa menjadi faktor penyebab terkena denda. Kenapa demikian?. Alasan yang muncul diantaranya adalah ― seprai hotel ketika terkena noda membandel secara otomatis tidak bisa digunakan. Pihak hotel tentu akan mengedepankan kenyamanan tamu sehingga perlu memprioritaskan keseterilan dari setiap benda yang ada di dalam kamar hotel. Oleh karenanya apabila ada tamu yang mengalami kejadian semacam itu, maka ia akan dikenai charge hotel. Pun demikian, hal ini sangat kasuistik dan situasional, tergantung kebijakan masing-masing perusahaan hotel. Seandainya kamu terlanjur menumpahkan sesuatu ke atas bad sheet, sebaiknya segera bersihkan sebelum akhirnya menjadi noda membandel.

5. Checkout melebihi batas waktu

Satu point ini yang seringkali dialami oleh tamu hotel, checkout melebih batas waktu yang ditetapkan hotel. Tamu hotel akan dikenai charge oleh pihak hotel apabila ia checkout melebihi batas waktu telah ditentukan. Maka jika menginap di suatu hotel satu hal penting ini harus menjadi perhatian kita ― kita harus ingat kapan harus checkout dari kamar hotel, daripada beberapa ratus ribu harus melayang untuk membayar charge hanya karena kita molor beberapa waktu yang tidak lama. Pun demikian, soal molornya waktu checkout setiap hotel memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Demi kenyamanan, alangkah baiknya kita sudah siap-siap packing sebelum jam checkout hotel.

Prinsip kita check in di hotel adalah menyewa. Pemahaman sederhana dari prinsip menyewa ini adalah ― kita bisa menggunakan kamar hotel beserta isinya sesuai keinginan kita. Pun demikian kita tidak boleh memilikinya, dan jika ada barang yang rusak karena kelalaian tamu hotel maka harus diganti. Dengan membaca, memahami serta mematuhi peraturan hotel menjadikan kita sebagai tamu yang bijak, sehingga keamanan dan kenyamanan selama menginap di hotel bisa dirasakan.

Demikian artikel saya mengenai sebab-sebab tamu hotel dikenai denda, semoga bisa menambah bekal informasi dan membuat travelingmu semakin menyenangkan.